0 Comment
Air Terjun Limbong Kamandang di Sulbar (Abdy Febriady/detikTravel)

Polewali Mandar - Satu lagi destinasi bagus dari Sulawesi Barat. Namanya Air Terjun Limbong Kamandang dengan pedoman jernih di antara pepohonan hijau. Cantik!

Berbicara perihal destinasi wisata di Kabupaten Polewali Mandar , Sulawesi Barat, masih banyak yang belum terungkap luas. Selain pantai dan sungai, daerah ini juga mempunyai sejumlah potensi wisata air terjun. Salah satunya Limbong Kamandang, yang berada di Desa Kurrak, Kecamatan Tapango.

Air Terjun Limbong Kamandang mempunyai ketinggian tidak kurang dari 50 meter dengan sebuah bak air di bawahnya. Tdak mengherankan jikalau lokasi Air Terjun Limbong Kamandang selalu didatangi warga, khususnya dikala tamat pekan.

Kolam alam di kaki jeram ini juga tidak begitu dalam, sehingga cukup kondusif dijadikan lokasi bermain ataupun berenang. Siapa saja yang ingin mencicipi kesejukan dan sensasi dinginnya Air Terjun Limbong Kamandang sanggup eksklusif bermain air di sini.

Polewali Mandar Punya Air Terjun yang Cantik Banget(Abdy Febriady/detikTravel)

Posisi Air Terjun Limbong Kamandang yang dikelilingi rimbunnya daun pepohonan yang menjulang tinggi, juga menunjukkan kenikmatan tersediri bagi pengunjung yang ingin menikmati udara segar tanpa polusi. Dan pastinya dengan suasana yang teduh, dijamin sanggup membuat traveler melupakan penat akhir rutinitas kerja sehari-hari.

Walau berada di daerah terpencil, pengunjung jangan khawatir alasannya ialah karena Air Terjun Limbong Kamandang sanggup dijangkau dengan memakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuh menuju lokasi kurang lebih satu jam dari Polewali, ibu Kota Kab.Polewali Mandar.

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Limbung Kamandang juga menyenangkan, apalagi memakai sepeda motor. Selain mata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan khas daerah pegunungan, adrenalin juga sanggup terpacu dikala melewati sejumlah jalan menanjak dan menikung, dengan jurang curam di sisi jalan.

Air Terjun Limbong Kamandang, mempunyai dua pedoman air sehingga tampak terlihat jeram kembar. Namun bedanya, yang satu mengalirkan air dengan cukup deras, sedangkan yang satunya mengalir sedang.

(Abdy Febriady/detikTravel)(Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined

Tentunya kondisi tersebut menjadi kelebihan, jikalau pengunjung ingin mencicipi berenang sambil mencicipi derasnya jeram yang jatuh dan membasahi tubuh. Ataupun sebaliknya, berenang di bawah jeram yang mengalir sedang.

Menariknya lagi, kesempurnaan Air Terjun Limbong Kamandang juga sanggup dilihat eksklusif dari sebuah jembatan kayu penghubung dusun di daerah ini. Jembatan ini juga dimanfaatkan warga yang melintas, untuk berhenti sekedar untuk menikmati pemandangan sambil berswaphoto.

Walau keberadaan destinasi wisata alam ini bukan diam-diam umum lagi, namun sayangnya perhatian dari pemerintah nampaknya masih sangat kurang. Belum ada akomodasi pendukung menyerupai toilet atau tempat ingin berganti pakaian, lahan parkir juga masih minim. Sehingga pengunjung terpaksa memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan, yang tentu saja akan menggangu kelancaran kemudian lintas warga di daerah ini.

(Abdy Febriady/detikTravel)(Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined


Beruntung, pemerintah desa berinisiaf menciptakan anak tangga dari pinggir jalan sampai ke lokasi air terjun, sehingga pengunjung tidak perluh susah mencari jalan ke lokasi jeram yang berjarak sekitar 100 meter dari pinggir jalan. Pemerintah setempat juga belum menarik retribusi dari setiap warga yang berkunjung ke tempat wisata ini alias gratis.

Salah seorang pengunjung, Wawan mengaku puas sesudah melihat secara eksklusif keindahakan panorama alam Air Terjun Limbong Kamandang.

"Sangat puas! Tidak sia-sia saya jauh-jauh tiba dari Polewali ke tempat ini. Ternyata lebih indah dari yang selama ini saya dengar dari kisah orang," ujarnya.

Di sekitar daerah Air Terjun Limbong Kamandang ini terdapat perkebunan durian. Beragam jenis buah durian milik warga setempat ini sanggup traveler nikmati dengan harga murah.

Penasaran mencicipi sensasi kenikmatan berendam dalam air hambar yang berjatuhan dari ketinggian lebih dari 50 meter? Penasaran dengan nikmatnya buah durian? Yuk ajak keluarga, sahabat, teman dan orang terdekat untuk liburan ke Wisata Alam Air Terjun Limbong Kamandang.


Post a Comment

 
Top