0 Comment
Foto: Adi Fida Rahman/detikINETFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta - Sebagai layanan pesan populer, khususnya di Indonesia, sangat mungkin WhatsApp menjadi aplikasi yang paling sering dilirik pengguna smartphone setiap harinya.

Nah, yang terkadang jadi perkara yakni bahwa spesifikasi ponsel pun beda-beda, secara khusus dalam hal memori atau kapasitas penyimpanannya. Riwayat chat dan file WhatsApp yang sudah menumpuk dapat saja bikin HP jadi lemot.


Untuk mengecek berapa penyimpanan WhatsApp memakan kapasitas di ponselmu, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

Ketuk titik tiga di WhatsApp kemudian secara sedikit demi sedikit pilih > settings/setelan > data and storage usage/penggunaan data dan penyimpanan > storage usage/penggunaan penyimpanan.

Di bab ini storage usage/penggunaan penyimpanan itu kau akan melihat riwayat chat kau dibagi menurut seberapa besar penyimpanan WhatsApp. Jika sering mengembangkan video atau foto, khususnya di grup, jangan kaget bila ternyata ukurannya cukup besar.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET

Setelah mengetahui besaran penyimpanan WhatsApp masing-masing chat secara umum, sesudah ini kau juga dapat melihat satu per satu riwayat chat tersebut. Khususnya bila kau mau menghapus file-file chat itu sekaligus banyak.

Untuk itu, masuk saja ke salah satu chat. Di sini akan muncul rincian antara lain jumlah text messages/pesan teks antara kau dengan teman chatmu/grup itu, juga seberapa banyak kalian mengembangkan stiker WhatsApp, file foto, GIF, video dan lain-lain.

Di bab paling bawah kau akan menemukan goresan pena manage messages/kelola pesan. Mengetuk goresan pena tersebut akan memunculkan opsi untuk menghapus file chat sekaligus banyak menurut kategorinya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET


Dengan cara ini maka kamu, misalnya, dapat sekaligus menghapus seluruh file chat WhatsApp berupa GIF dan stiker WhatsApp di salah satu chat/grup, tetapi tetap menyimpan percakapan itu dan foto-fotonya.

Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak LemotFoto: Kris Fathoni/detikINET


Simak Video 20detik wacana Tutorial Membuat Sticker di WhatsApp :

[Gambas:Video 20detik]


Yuk Bersih-bersih WhatsApp Agar Ponsel Tak Lemot

Post a Comment

 
Top