0 Comment
Ini cara kirim pesan WhatsApp tanpa save nomor HP. (Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo)Ini cara kirim pesan WhatsApp tanpa save nomor HP. (Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo)

Jakarta - Sudah tahu belum, WhatsApp punya fitur bawaan yang membuatmu dapat nge-chat tanpa save nomor HP lawan bicaramu itu. Tak perlu pakai install ini-itu lagi!

Klik untuk Chat, demikian WhatsApp menamai fitur tersebut. Lewat fitur WhatsApp ini, kau dapat memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di buku telepon ponsel.




Syaratnya, tentu saja, kau harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kau tidak dapat nge-chat WhatsApp dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur Klik untuk Chat di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kau ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

Nah, bagaimana caranya? Seperti dikutip detikINET dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini intinya memungkinkanmu menciptakan tautan sehingga dapat chat dengan orang yang nomornya tidak kau save itu. Begini prosesnya.

Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini ialah menciptakan tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

https://wa.me/(nomor)

Yang harus kau perhatikan ialah tersebut harus kau isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional.




Dengan memakai format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya saat sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

https://wa.me/628561333111

Seperti terlihat dari rujukan tersebut, penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

Jadi, jangan memakai bentuk menyerupai ini: https://wa.me/+62-856-133-3111

Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu dapat menciptakan tautan sendiri pribadi beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja rujukan berikut ini.

Format baku yang mesti digunakan adalah: https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh: https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda




Selain itu Klik untuk Chat ini juga menciptakan kau dapat menulis pesan dalam tautan, yang lalu dapat kau kirim ke orang dalam kontakmu.

Contoh: https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan


Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk lalu kau kirimkan pesan tersebut.

"Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda," sebut WhatsApp.com di bab faq-nya. Semoga bermanfaat.


Tonton juga video 'Tutorial Mudah Buat Sticker di WhatsApp':

[Gambas:Video 20detik]


Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Save Nomor HP

Post a Comment

 
Top