0 Comment
Ahok disebut-sebut akan menjadi seorang vloger ketika bebas. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Ahok disebut-sebut akan menjadi seorang vloger ketika bebas. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok telah menciptakan channel di Youtube dan dikabarkan bakal jadi vlogger. Meski begitu, ketika ini belum ada video yang diunggah dari YouTube channel yang telah mendapat 10,727 subscribers ketika gosip ini ditulis.

Staf Ahok, Ima Mahdiah menuturkan kepada detikHOT bahwa channel tersebut khusus untuk mempublikasikan setiap kegiatan Ahok selepas dari penjara.

"Channel YouTube untuk kegiatan bapak," ujar Ima.



Dilansir Manchester Metropolitan University, vlog ternyata sanggup berdampak baik bagi kesehatan mental, khususnya bagi orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mental untuk mengatasi rasa terisolasi dan merasa lebih baik.

Irina Sangeorzan, seorang mahasiswa tingkat master, dan Dr Nora Andriopoulou, Dosen Psikologi di Manchester Metropolitan University, mempresentasikan penelitian mereka di konferensi tahunan British Psychological Society di Nottingham beberapa waktu kemudian mengenai hal tersebut.

"Studi kami memperlihatkan bukti empiris pertama perihal bagaimana vlogging sanggup menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi orang yang menderita banyak sekali kondisi kejiwaan yang serius," kata Sangeorzan.

"Terhubung dengan komunitas online yang telah melalui pengalaman serupa sendiri sanggup mengurangi perasaan kesepian dan isolasi."



Mereka melaksanakan analisis fenomenologis interpretatif, yang melibatkan pencarian sistematis YouTube untuk video yang sesuai dengan empat istilah pencarian utama yakni 'schizophrenia', 'bipolar disorder', 'major depressive disorder', dan 'schizoaffective disorder'.

Ada sekitar 30 video individu yang dianalisis. Video yang dipilih yaitu yang mengidentifikasi diri mereka mempunyai penyakit mental parah kemudian berbicara perihal pengalaman vlogging dalam konteks tersebut.

Semua vlogger tersebut menekankan pentingnya mengurangi isolasi sosial dan membangun rasa kebersamaan melalui acara mereka secara online. Analisis juga menemukan vlogger memandang memerangi stereotip dan kesalahpahaman perihal penyakit mental mereka lebih penting daripada menjaga menutup 'rahasia' mereka.

"Saya ingat menjadi sangat takut dan hanya merasa sendirian, serta ibarat orang yang benar-benar aneh. Jadi, dengan cara membantu orang lain sama ibarat membantu diri saya sendiri beberapa tahun yang lalu," ungkap salah satu vlogger dalam sebuah video.




Simak video 'Ahok akan Bagikan Kegiatannya Usai Bebas di YouTube:

[Gambas:Video 20detik]


Ahok Bakal Makara Vlogger? Ini Manfaat Kesehatan dari Vlog

Post a Comment

 
Top