0 Comment
Foto: Ilustrasi komodo (Rachman Haryanto/detikTravel)

Jakarta - Wacana penutupan TN Komodo berkembang ke babak baru. Wacananya bukan keseluruhan taman nasional, tapi hanya Pulau Komodo yang akan ditutup.

Hal itu pun dijelaskan oleh Dirjen KSDAE KLHK Wiratno di lantai 8 ruang rapat Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK, Jakarta, Rabu (6/2/2019). Bersama ia hadir juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan NTT, Alexander Sena serta sejumlah stakeholder terkait.

"Hanya Pulau Komodo, bukan Taman Nasional Komodo, snorkeling hampir di 43 dive spot yang bagus-bagus masih sanggup dilakukan" ujar Wiratno.

Dirjen KSDAE KLHK Wiratno dan segenap stakeholder (randy/detikTravel)Dirjen KSDAE KLHK Wiratno dan segenap stakeholder (randy/detikTravel)
Faktanya, Komodo tak hanya sanggup ditemui di Pulau Komodo saja melainkan juga di pulau sekitar dalam area taman nasional menyerupai Pulau Rinca dan lainnya. Untuk itu, pihak KLHK juga akan melaksanakan pengawasan pada Komodo di luar Pulau Komodo.

"Tentu di pulau lain kita melaksanakan peningkatan pengelolaan. Itu di Rinca juga banyak Komodonya. Khusus Komodo ini juga akan dicermati sehingga sifat liarnya tetap sanggup ada di situ," ujar Wiratno.

Di luar TN Komodo, ternyata Komodo juga ada di Pulau Flores. Hanya saja menyerupai diungkapkan oleh Wiratno, ukurannya lebih kecil dari Komodo di TN Komodo.

"Pulau Ontoleo di Riung 17 Pulau, uniknya di sana nggak ada rusa. Indikasinya ia makan kelelawar. Cuma Komodo yang di Flores ini lebih kecil, lebih ramping sebab kemungkinan pakannya juga terbatas," ujar Wiratno.

Imbasnya Pada Wisatawan

Wacana penutupan Pulau Komodo tentu akan berdampak pada wisatawan yang telah melaksanakan pemesanan paket wisata di TN Komodo. Apabila tentang itu telah sah, traveler masih tetap sanggup wisata di TN Komodo. Namun, tak sanggup di Pulau Komodo.

"Terhadap paket-paket wisata yang telah terlanjur dijual, tetap sanggup dilanjutkan kecuali di Pulau Komodo apabila menurut rekomendasi tim terpadu diputuskan untuk ditutup," tambah Wiratno.

Di luar Pulau Komodo, TN Komodo masih mempunyai Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Lawa Darat dan sejumlah destinasi lainnya menyerupai diving spot yang tak kalah indah.

Post a Comment

 
Top