0 Comment
Flu perut merupakan sebutan awam untuk gastroenteritis (Foto: iStock) Flu perut merupakan sebutan awam untuk gastroenteritis (Foto: iStock)

Jakarta - Jika anak tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan mengeluh sakit perut serta diare terus menerus, hal tersebut dapat menjadi menandakan flu perut yang harus diantisipasi secara cepat. Dokter menyebutnya gastroenteritis.

"Hal yang patut diwaspadai dari gastroenteritis ini yaitu keadaan kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan. Bisa terjadi alasannya yaitu muntah atau diare yang banyak atau sangat sering dan anak tidak mau makan dan minum," dr Meta Hanindita, SpA, ketika dihubungi detikHealth, Rabu (30/1/2019).



Dikutip dari laman mydr.com, tanda-tanda tersebut dapat berlangsung selama 24 jam sampai seminggu, tergantung dari penyebab gastroenteritis. Kadang-kadang, diare dapat berlangsung lebih lama. Selain itu, terjadi kelelahan dan penurunan berat tubuh anak secara drastis.

dr Meta menambahkan, Keadaan kehilangan cairan tubuh pada anak ketika terjangkit flu perit dapat jadi sangat serius dan berbahaya. Sebab, jerawat basil penyebab flu perut menyerang sistem terusan pencernaan.

"Oleh alasannya yaitu itu kalau ada tanda kehilangan cairan tubuh pada anak ketika gastroenteritis, segera hubungi dokter," imbaunya.

Post a Comment

 
Top