0 Comment
Ada yang percaya jikalau minum urine bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Pradita Utama) Ada yang percaya jikalau minum urine bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Pradita Utama)

Jakarta - Mantan kontestan Mr Universe dan Mr North Amerika, John DePass, mungkin tak pernah menerka akan menentukan gaya hidup yang terbilang ekstrim. DePass merasa kondisi tubuhnya semakin baik sehabis 6 bulan minum air urine sendiri, serta tidak makan apapun selama 6 hari. DePass hanya makan karbohidrat atau olahan daging yang dimasak sendiri pada selesai minggu.

DePass makan buah, minum jus tanpa gula, makan sayur, atau minum urinenya sendiri bila merasa lapar atau haus selama 6 hari tersebut. Dengan pengaturan ini, DePass hanya mengonsumsi 3 ribu kalori per ahad yang jauh lebih kecil daripada porsi sebelumnya sebesar 5 ribu per hari. DePass merasa tubuhnya baik-baik saja meski jumlah total asupan kalori banyak berkurang.

"Saya bergotong-royong sempat mencoba diet urine 2 tahun lalu, namun keuntungannya gres dirasakan selama 6 bulan belakangan. Saya menyebut gaya hidup ini sebagai unfoodie dari Senin sampai Kamis, untuk Jumat saya makan buah dan smoothie, makan sayur di hari Sabtu, dan mengonsumsi hidangan lain bersama anak serta istri di hari Minggu," kata DePass yang sekarang berprofesi sebagai konsultan penurun berat tubuh dikutip dari Daily Mail.



Menurut DePass, urine mengandung antibodi yang membantu memperkuat daya tahan tubuh. Antibodi juga membantu kerja sistem pencernaan, kecukupan asam amino, vitamin, dan mineral yang diharapkan tubuh. Urine juga mengandung komponen nutrisi lain sesuai kebutuhan tubuh.

Menurut DePass, istrinya Dora DePass dan tiga anaknya sempat tak yakin dengan minum urine sebagai bab dari hidup sehat. Namun ketika ini, sang istri menentukan membisu saja alasannya yaitu DePass telah mencicipi manfaatnya. DePass sendiri tak ingin memaksa keluarganya mengikuti contoh hidup sehat dengan minum urine sendiri. Hal serupa dilakukannya terhadap para klien yang dibantu untuk menurunkan berat badan.

"Saya mengerti kenapa mereka sempat mewaspadai jalan yang saya pilih. Jika saya di posisi mereka, mungkin tindakan yang saya pilih akan sama. Namun saya fokus terhadap diri sendiri untuk tetap sehat dalam waktu lama, serta selalu dapat berinteraksi dengan keluarga serta lingkungan sekitar," kata DePass.

Pola hidup sehat dengan minum urine sendiri atau urotherapy sampai sekarang masih menjadikan kontroversi. Ahli diet dan juru bicara British Dietetic Association Aisling Pigott mengatakan, urine yaitu bab dari limbah metabolisme tubuh yang harus dibuang. Minum urin dapat sangat berisiko bagi kesehatan tubuh. Namun Kepala Nutrisionis di NutriCentre Shona Wilkinson mengatakan, urine tidak beracun alasannya yaitu disaring 2 kali di hati dan ginjal.




Simak juga video 'Pot ini Mengubah Urine Menjadi Kompos':

[Gambas:Video 20detik]


Antara Jijik dan Kagum, Minum Urine Sendiri Demi Kesehatan

Post a Comment

 
Top