0 Comment
Penyuluhan Twitter. Foto: Repro Twitter Penyuluhan Twitter. Foto: Repro Twitter

Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan penyuluhan reproduksi sempat bikin heboh warganet. Video yang diunggah di media umum tersebut diberi judul Tutorial Keluarga Berencana.

Video tersebut memperlihatkan teknis pemasangan kondom pada alat kelamin laki-laki oleh penyuluh wanita. Penjelasan disertai alat peraga penis yang dalam posisi ereksi sempurna, serta anatomi kelamin laki-laki.

"Harus diperjelas ya. Mana kondomnya," ujar penyuluh yang dikelilingi penerima yang terdiri atas emak-emak. Semua yang mendengar heboh dan senyum-senyum, namun tampak ingin tau dengan alat peraga.


Selanjutnya, penyuluh terlihat memasangkan kondom pada alat peraga kelamin pria. Emak-emak kembali bereaksi heboh dengan bersuara tinggi, senyum, atau tertawa.

"Jadi harus gini jangan pas lembek. (Kondomnya) diplintir dulu semoga nggak masuk udaranya, jadi nggak meletus," kata penyuluh.

Video berakhir dengan penyuluh mengingatkan para pria, yang kebetulan ada di lokasi wacana pentingnya memasang kondom. Penyuluh juga mengatakan, pemasangan kondom dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tidak sulit.

Menanggapi video tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tak membantah jikalau peralatan dan media yang dipakai yaitu potongan dari penyuluhan reproduksi. Namun penyuluhan tak seharusnya direkam dan bebas disebarluaskan.

"Penyebarluasan melalui video secara tidak terkendali dapat melanggar etika, misal pembatasan audien," kata Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Dwi Lisyawardani.


Viral Video Penyuluhan Reproduksi, Emak-Emak Heboh

Post a Comment

 
Top