0 Comment
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Omega 3 jadi zat yang paling banyak dimasukkan ke dalam susu pertumbuhan. Omega 3 yang terkadung di dalamnya EPA dan DHA menjadi sangat penting untuk anak, bahkan semenjak dalam kandungan hingga bau tanah nanti.

"DHA dan Omega 3 penting untuk anak yang masih dalam fase tumbuh kembang, menyerupai di umur 4 tahun untuk menjaga tekanan darah dan imunitas, untuk me-maintance kesehatan, dan penglihatan juga. Efek samping kekurangan DHA, itu pertumbuhan terganggu dan anak gampang sakit," terperinci Guru Besar IPB, Prof Ahmad Sulaeman, kepada wartawan di Sentul, Kamis (24/1/2019).




Menurut Prof Ahmad, kasus kekurangan DHA dan Omega 3 patutnya tidak diremehkan orang tua. Sebab, hal ini akan mempengaruhi masa depan mereka.

"Anak itu investasi, tentu orang bau tanah ingin anaknya berhasil semua berawal dari makanan, you are what you eat. Si ibu pun harus belajar," sambungnya.

Salah satunya dengan meningkatkan literasi gizi sehingga orang bau tanah sanggup memutuskan asupan makan untuk anak, termasuk menunjukkan ikan yang kaya akan DHA dan Omega 3.

"Solusinya harus menyediakan asupan bermacam-macam dan berimbang. Justru di awal dianjurkan harus mengandung Omega 3, di antaranya ikan," tandas Guru Besar IPB, Prof Ahmad Sulaeman, yang penelitiannya perihal asam lemak esensial dimuat di British Journal of Nutrition.



Adapun kadar DHA dan Omega 3 yang dibutuhkan menurut rekomendasi dari FAO dan WHO meliputi, anak EPA 100-118 mg/hari dan DHA 100-118 mg/hari. Hal ini tentu perlu dicatat, apalagi Prof Ahmad pernah meneliti bahwa ternyata 8 dari 10 Anak Indonesia Kekurangan DHA. Penelitian yang ditulis oleh para mahir itu memang meneliti anak Indonesia yang berusia 4 hingga 12 tahun

DHA ialah singkatan dari docosahexaenoic acid, asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3. DHA berfungsi untuk mengoptimalkan penglihatan dan kecerdasan otak sehingga sanggup menunjang prestasi akademisnya di sekolah.

Sementara, EPA ialah singkatan dari eicosapentaenoic acid, salah satu asam lemak Omega-3. Material ini berfungsi membantu produksi prostaglandin dalam darah.

Makanya, bila orang bau tanah masih merasa kurang maksimal menunjukkan asupan Omega 3 dan khawatir akan #DaruratDHA sanggup juga mendapat manfaat DHA dan Omega 3 dari susu pertumbuhan.

"Dari susu pertumbuhan yang kini sudah difortifikasi dan krimnya dipisahkan dari lemak diganti dengan lemak kedelai menjadi ada Omega 3 nya, ada kalsiumnya sehingga gampang diserap untuk pertumbuhan," tutup dia.

Oleh sebab itu, di Hari Gizi Nasional ini mari mulai menyadari akan pentingnya asupan DHA dan Omega 3 dengan mengonsumsi masakan kaya asupan asam lemak esensial serta tak lupa susu pertumbuhan.











Post a Comment

 
Top