0 Comment
Ilustrasi durian. Foto: istock Ilustrasi durian. Foto: istock

Jakarta - Seorang pesepeda dikabarkan meninggal dunia usai memakan durian sesudah sesi gowes atau bersepeda. Kabar ini beredar melalui pesan berantai yang viral. Dokter jantung menyebut makan durian usai gowes tidak bermasalah untuk jantung, asal tidak berlebihan.

"Makan duren sesudah gowes ya nggak papa, tiga butir saja cukup. Durian tiga butir per hari sebetulnya jumlah yang ideal dan cukup untuk dimakan. Karena jikalau lebih dari itu ancaman untuk yang ingin jaga berat badan. Kalau overweight maka ujungnya risiko serangan jantung akan meningkat," tutur dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, kepada detikHealth, Kamis (24/1/2019).

Akan tetapi walau tak persoalan mengonsumsi durian usai gowes, dr Vito lebih menyarankan untuk makan buah lainnya ibarat pisang atau semangka bila ada untuk mengembalikan cairan dan tenaga.


Ia mengingatkan sesudah gowes dapat bersepeda santai dulu seraya melaksanakan pendinginan, kemudian ketika berhenti lakukan relaksasi otot dengan gerakan ringan. Lalu dilanjutkan dengan meminum air bersuhu biasa.

"Yang penting justru sebelum gowes. Pastikan Anda sehat dengan melaksanakan skrining kesehatan. Sudden death atau maut mendadak sering kali tampak pada orang yang terlihat sehat padahal sudah punya risiko penyakit jantung koroner atau stroke yang tanpa gejala," lanjutnya.

Soal pesepeda yang ada dalam kabar viral tersebut, dapat jadi memang laki-laki tersebut sebelumnya telah mempunyai penyakit jantung yang tidak diketahui sebelumnya.



Habis Gowes, Lebih Sehat Makan Buah Ini Daripada Durian

Post a Comment

 
Top