0 Comment
Cerita perihal pegowes yang meninggal usai makan durian beredar di jejaring maya (Foto: Uyung/detikHealth) Cerita perihal pegowes yang meninggal usai makan durian beredar di jejaring maya (Foto: Uyung/detikHealth)

Jakarta - Sebuah pesan berantai sedang ramai diperbincangkan. Disebutkan dalam pesan tersebut bahwa seorang laki-laki meninggal dunia alasannya mengonsumsi durian usai gowes atau bersepeda. Berikut suara pesannya:

"Maaf memberikan info dr sebelah, hati2 bila habis olahraga, Jangan lah makan durian disaat lelah dan jantung masih berdebar
Dari komunitas GOWES ada yang sedang berduka dengan meninggalnya akseptor gowes yang ketika break makan durian, hasilnya meregang nyawa, dan beberapa kawannya juga sesak nafas n jantung berdebar Memang final hidup sudah ditentukan yg Maha Kuasa Tapi tidak ada salahnya kita berupaya mencegah/terutama yang punya riwayat hipertensi. Terima kasih."



Apakah benar memakan durian usai gowes atau berolahraga dapat berisiko meninggal? Menjawab hal tersebut, seorang dokter jantung yang juga penulis buku, dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, menyebutkan bahwa durian memang punya dampak pada tubuh yang akan atau melaksanakan olahraga.

"Kandungan kalori yang tinggi akan jadi sumber tenaga, juga kandungan durian ada antioksidan membantu memulihkan kerusakan akhir radikal bebas, membantu menunjukkan relaksasi pembuluh darah dan mengurangi rasa lelah," jelas dr Vito, sapaannya, kepada detikHealth melalui pesan singkat, Kamis (24/1/2019).

Per harinya, dr Vito menyebut idealnya makan durian 3 butir, alasannya bila lebih dari itu dapat menciptakan kau yang sedang menjaga berat tubuh malah gagal. Risikonya akan menjadi overweight atau kegemukan dan ujung-ujungnya risiko serangan jantung akan meningkat.

"Tapi dampak durian dalam waktu singkat begitu nggak membahayakan jantung. Justru harusnya curiga almarhum ada penyakit jantung yang tidak diketahui sebelumnya. Itulah gunanya melaksanakan medical check up pada pasien-pasien yang kelihatannya sehat," tutup laki-laki yang menulis buku 'Sebelum Anda Pergi ke Dokter Jantung' ini.


Viral Kisah Pegowes Meninggal, Bolehkah Makan Durian Usai Olahraga?

Post a Comment

 
Top