0 Comment
Sejumlah kosmetika populer yang dipalsukan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth) Sejumlah kosmetika populer yang dipalsukan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth)

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggerebek empat akomodasi diduga daerah produksi kosmetik palsu dan ilegal. Di antara banyak sekali jenis kosmetik yang dipalsukan terdapat beberapa brand terkenal.

"Kemasan seolah import, mengambarkan produk seolah-seolah (produksi sendiri) padahal itu pabriknya ada di Filipina. Terus ada menyerupai Pond's White Beauty itu dikemas ulang. Itu mungkin saja beli di mana terus dikemas ulang lalu, dicampur apa. Dioplos lah," ungkap Deputi Bidang Penindakan BPOM Hendri Siswadi, SH, di lokasi penggerebekan, Jakarta Barat, Jumat (25/1/2019).

Selain produk yang disebutkan sebelumnya, ada juga yang mengatasnamakan brand ternama menyerupai Wak Doyok yang dikenal selama ini untuk menumbuhkan jenggot, ada juga Citra White Beauty, atau sabun basuh muka RDL. Kerugian ditaksir mencapai Rp 30 miliar.

BPOM sudah melaksanakan pengawasan untuk produk-produk yang membawa nama dengan brand populer di pasaran ini semenjak tahun lalu. Ditambah lagi, BPOM juga mendapat legalisasi dari sejumlah pemilik brand yang orisinil bahwa produk mereka diduga dipalsukan oleh pihak lain.

Produk lip balm yang juga dipalsukan.Produk lip balm yang juga dipalsukan. Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth




"Terus kita melaksanakan pengawasan ke lapangan, sanggup kita informasi bahwa betul ada produk ilegal palsu, ada betul. Mulai dari Oktober kami melihat, kembangkan informasi tersebut dan pada tanggal 23 kemarin kita sanggup mengidentifikasi tempat-tempatnya," ungkap Hendri.

Karena itu Hendri menegaskan BPOM tidak hanya berpangku tangan menunggu laporan dari masyarakat, pihaknya juga selalu aktif melaksanakan pengecekan baik secara pribadi hingga menelusur jejak online.

"BPOM bukan hanya tidur, kami ada deputi penindakan. Ada juga eksekutif intelenjen, kita dari BIN lho. Ini bergerak-gerak teman-teman ini," tandasnya.


Agak sulit membedakan produk palsu alasannya yaitu sama-sama distempel.Agak sulit membedakan produk palsu alasannya yaitu sama-sama distempel. Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth



Simak juga video 'Ratusan Komestik Ilegal Ini Buatan Emak-emak':

[Gambas:Video 20detik]


BPOM Gerebek Pabrik Kosmetik Ilegal, Banyak Merk Terkenal Ikut Dipalsukan

Post a Comment

 
Top