0 Comment
Ilustrasi jadwal wajib kerja dokter seorang jago (WKDS). Foto: iStock Ilustrasi jadwal wajib kerja dokter seorang jago (WKDS). Foto: iStock

Jakarta - Program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) yang diresmikan pada 2017 kemudian resmi batal. Hal ini sesuai keputusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 25 P/HUM/2018 pada Selasa (18/12/2018).

"Setelah putusan MA dengan sendirinya dalam 90 hari tidak berlaku lagi WKDS. Karena itu sebelum 90 hari penggantinya harus sudah ada biar terjadi kesinambungan," kata Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Usman Sumantri pada detikHealth, Rabu (23/01/2019).


Menurut Usman, dengan keputusan tersebut maka Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2017 yang meneguhkan WKDS telah dicabut. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan Perpres dan jadwal penggantinya, dengan menghilangkan kata wajib sesuai keputusan MA.

Kabar abolisi WKDS kali pertama tersiar melalui informasi di kalangan dokter. Pembatalan menurut somasi yang diajukan dr Ganis Irawan pada Mahkamah Agung (MA).

Pembatalan WKDS juga ditegaskan Sekretaris Utama Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) Patrianef, yang ikut serta dalam pengajuan gugatan. Perkara WKDS terdaftar di MA dengan nomor 62P/HUM/2018.




Simak juga video 'Dokter Terawan Bakal 'Cuci Otak' 1.000 Warga Vietnam':

[Gambas:Video 20detik]


Program Wajib Kerja Dokter Spesialis Resmi Batal

Post a Comment

 
Top