0 Comment
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

Jakarta - Rajin olahraga merupakan kunci semoga tubuh tetap sehat dan mendapat berat tubuh ideal. Dengan rajin olahraga, tubuh terasa bugar dan lebih enteng untuk melaksanakan ragam acara sehari-hari. Namun bagi beberapa orang, tubuh justru terasa lemas sesudah berolahraga. Mengapa demikian?

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, memaparkan beberapa alasan mengapa tubuh sering lemas sesudah berolahraga. Berikut alasannya.

Tidak Melakukan Pemasanan

Pemanasan sebelum olahraga berfungsi menciptakan otot fleksibel serta memperlancar sirkulasi darah ke otot. Selain itu, pemanasan menciptakan persendian lebih fleksibel sehingga tidak terkunci yang biasanya menjadi penyebab tubuh lemas usai olahraga.


"Jenis pemanasan yang sanggup dilakukan yakni kardio ringan yang dikombinasikan dengan peregangan dinamis atau statis ringan," ujar dr. Helmin.

Jarang Olahraga

Orang yang tidak pernah olahraga dan eksklusif melaksanakan olahraga berat, kata dr. Helmin, besar kemungkinan merasa lemas sesudah berolahraga. Sebab, beberapa organ tubuh kaget digempur kegiatan yang berat.

"Seperti jantung, saraf, sendi, dan otot. Akibatnya kelelahan, tubuh menjadi sakit dan kaku. Tujuan untuk menciptakan tubuh fit hasilnya tidak tercapai," katanya.

Maka sebaiknya olahragalah secara bertahap, dari yang ringan sampai olahraga berat. Hal ini penting alasannya tubuh butuh melaksanakan pembiasaan dengan kegiatan yang dilakukan.


Dehidrasi dan Kekurangan Nutrisi

Kekurangan cairan memengaruhi kondisi tubuh sesudah berolahraga. Ketika olahraga, sirkulasi tubuh menjadi baik dan oksigen yang masuk semakin banyak. Maka diharapkan cairan yang cukup untuk memperlancar metabolisme.

Selain cairan, kekurangan asupan nutrisi menyerupai protein dan karbohidrat sanggup menciptakan tubuh lemas alasannya tidak sanggup menggantikan kalori yang terbuang sesudah berolahraga.

Agar tubuh tetap fit dan bugar sesudah berkegiatan menyerupai olahraga, konsumsi multivitamin menyerupai Fatigon Multivitamin (kemasan putih). Kombinasi vitamin B kompleks, kalium, magnesium aspartat, dan vitamin E berfungsi membantu memelihara kesehatan tubuh dan mengembalikan semangat usai beraktivitas.

Post a Comment

 
Top