0 Comment
Penyuluhan KB dalam video tersebut diwarnai reaksi heboh audiens (Foto: screenshot) Penyuluhan KB dalam video tersebut diwarnai reaksi heboh audiens (Foto: screenshot)

Jakarta - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh sebuah video penyuluhan KB. Video tersebut menampilkan peragaan cara memasang kondom, yang direspons dengan gelak tawa para ibu yang menyaksikannya.

Lewat sebuah siaran pers, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) memberikan klarifikasi soal video tersebut. Dikatakan, video tersebut merupakan aktivitas pelayanan KB gratis untuk IUD (Intra Uterine Device) dan implan.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Peragaan cara memakai kondom dalam video tersebut dilakukan oleh bidan terlatih dan juga penyuluh KB.

"Video direkam dan diunggah ke media umum tanpa sepengetahuan pihak dalam video tersebut," tulis BKKBN, ibarat dikutip Selasa (29/1/2019).



Video penyuluhan KB di Kalimantan Timur jadi viral di Medsos.Video penyuluhan KB di Kalimantan Timur jadi viral di Medsos. Foto: screenshot


Terkait beredarnya video tersebut di media sosial, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani juga telah memberikan pernyataan. Dalam wawancara dengan detikHealth, ia menegaskan ada tabiat yang harus ditaati.

"Penyebarluasan melalui video secara tidak terkendali dapat melanggar etika, contohnya wacana pembatasan audiens," jelasnya.





Tonton juga video 'Promosi KB Lewat Kampung Keluarga Berencana':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top