0 Comment
Gejala awal yang sulit dideteksi menjadikan kanker hati mematikan. (Foto: Thinkstock) Gejala awal yang sulit dideteksi menjadikan kanker hati mematikan. (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Komika Gebi Ramadhan meninggal sehabis berjuang melawan penyakit kanker hati yang diidapnya. Bahkan, selama menjalani pengobatan, Gebi masih sempat mengambil tugas dalam film 'Milly & Mamet'.

Kanker hati merupakan jenis kanker yang ditakuti oleh kebanyakan orang. Sebab, seringkali tanda-tanda awalnya tidak terdeteksi atau tidak muncul hingga kankernya mencapai stadium lanjut.

Dikutip dari Verywell Health, pada beberapa kasus, kanker hati disamakan dengan hepatitis alasannya ialah salah satu gejalanya ialah warna kulit yang bermetamorfosis kekuningan.

"Kanker hati juga biasanya mempengaruhi hormon yang sanggup menjadikan tanda-tanda tambahan. Termasuk didalamnya tekanan darah rendah (hipoglikemia) yang sanggup menjadikan sakit kepala dan pingsan, pembesaran payudara, atrofi testis dan jumlah sel darah yang tinggi," demikian dikutip dari situs tersebut.



Gejala lain yang sanggup diperhatikan dari kanker hati ialah:
- Berat tubuh turun drastis
- Nafsu makan rendah
- Cepat kenyang
- Mual dan muntah terus menerus
- Gatal-gatal
- Praktis lelah

Sebelumnya, Konsultan hematologi onkologi dari RS Dharmais, dr Marurul Aisyi, SpA (K) juga menyampaikan tanda-tanda kanker ini agak sulit dideteksi, utamanya pada anak alasannya ialah letak sel kanker abnormalnya berada di hati.

"Secara umum sulit dideteksi. Kemungkinan pembesaran perut. Karena hati di perut, ada gangguan yang sanggup menghambat sekresi empedu," pungkasnya kepada detikHealth, Rabu (17/10/2018).

Post a Comment

 
Top