0 Comment
Aku ingin berbagi pengalaman ku pengangguran selama setahun lebih. Kondisinya adalah aku baru selesai dari pendidikanku S1 Teknik Industri Universitas Sumatera Utara. Dan yah seperti biasa, hura-hura habis sidang dan wisuda itu benar-benar hanya sesaat. Sekarang adalah hal yang lebih serius lagi. Apakah ingin bekerja, melanjutkan pendidikan, atau menjadi pebisnis. Sebenarnya dalam hatiku aku ingin melanjutkan pendidikanku. Tetapi sepertinya tidak tepat kalau aku langsung melanjutkan pendidikan duluan. Karena ya, I know, aku ngga seharusnya membuat biaya menjadi suatu masalah. Tapi setelah aku pikirkan secara realistis, aku sepertinya harus bekerja dulu. 
Habis aku kuliah, aku melanjutkan pengabdianku di Laboratorium Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Meskipun status ku sudah menjadi seorang lulusan, namun aku masih terikat dengan lab karena SK yang masih belum selesai. Jadi aku melanjutkannya. Hingga Mei 2017. Selain itu aku juga mengajar Privat Les anak SMP setelah mencari kesana kesini.
Jangan salah ya, hahah, selama aku menjadi asisten Lab dan mengajar les, aku tetap mencari lowongan kerja. Aku mencari dari semua website, situs, instagram, linkedin, Pokoknya semua yang berhubungan dengan pencarian pekerjaan. Mungkin pada saat itu belum keberuntungan ku. Aku mencari dari sekian banyak lamaran, tidak ada yang diterima. 
Tapi aku tidak menyerah sih. Sekalipun aku sangat penasaran apakah nantinya aku akan bekerja atau tidak tetapi aku meyakini bahwa aku akan bekerja, jadi aku lanjutkan saja cari terus.. Pokoknya prinsip ku itu, sampai kelihatannya tidak ada harapan, harus tetap berharap.
Intinya menurutku adalah tekun dalam setiap perjalanan yang kita lalui. Jangan menyerah. Selain itu, ada banyak hal yang perlu dipelajari. Mempersiapkan diri dengan baik. Belajar dari media online dan sebagainya. Intinya selama satu tahun aku pengangguran, aku mendapatkan bahwa semuanya memang membutuhkan kerja keras. Bahkan sekalipun ternyata ketika kerja keras anda tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan, percayalah bahwa semua itu baik. Bahkan jika kita percaya, kita akan mendapatkan hal yang lebih besar, mungkin itu berupa pelajaran hidup yang ngga akan bisa kita dapatkan di tempat lain. 
Carilah pekerjaan yang anda inginkan. Jangan asal mencari pekerjaan. Pekerjaan yang aku maksud disini adalah pekerjaan yang tetap yang seterusnya akan menjadi salah satu pegangan untuk finansial kita. Kalau untuk sekedar bekerja sementara juga boleh sih. Misalnya sementara mengajar les, atau sementara kerja sebagai part time di suatu tempat, boleh-boleh saja. Tujuannya supaya tidak tergantung pada orang lain, pada orang tua, dan lainnya. Intinya supaya kita lebih mandiri sih.
Finally, sekarang aku mempunyai pekerjaan. Aku sudah bekerja setelah melalui proses yang sangat panjang. Dan aku bahkan melalu proses selama 9 bulan untuk mendapatkan pekerjaan ku yang sekarang. So don’t give up. And Cheers for better future.


Post a Comment

 
Top