0 Comment
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sempat beberapa kali mengunjungi daerah pembangunan resor (AFP)

Wonsan - Korea Utara tengah membangun resor pantai yang begitu luas. Rencananya, resor tersebut akan dibuka tahun ini.

Kawasan wisata Wonsan-Kalma terletak di pesisir Kota Wonsan, Korea Utara. Berdekatan dengan Bandara Wonsan-Kalma. Kawasan tersebut akan menjadi resor yang begitu luas, dengan gedung-gedung bertingkat, pelabuhan marina, kompleks olahraga, bioskop, aneka macam wahana permainan dan lain sebagainya.

Pembangunan resor sendiri sudah berjalan sekitar 2 tahun. Kim Jong Un sempat beberapa kali tiba ke lokasi untuk mengecek progres pembangunan resor. Pada Oktober 2018, ia memerintahkan petugas untuk membangun lebih banyak game arcade dan biskop, serta water park.

Dengan progres yang cepat, resor pun rencananya sudah sanggup mulai dibuka tahun ini, sekitar bulan Oktober. Hal ini terlihat dari gambaran satelit forum pemantau asal AS, 38 North. Setelah resor beroperasi nanti, dibutuhkan sanggup menarik banyak turis, termasuk wisatawan mancanegara.

BACA JUGA: Potret Langka Keseharian Warga Korea Utara

Nah, Wonsan-Kalma sendiri memang sudah usang menjadi destinasi liburan warga Korea Utara. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kabarnya juga banyak menghabiskan liburan masa kecilnya di Wonsan.

Terdapat jejeran pantai yang indah di sana. Selain itu, untuk wisata alam lainnya ada danau serta sumber mata air alami. Tentunya Wonsan memperlihatkan pengalaman liburan yang menyenangkan buat traveler.

Namun tak melulu soal pariwisata, nama Wonsan juga ada kaitannya dengan rudal Korea Utara. Tahun 2017 lalu, lokasi wisata resor itu pernah menjadi tempat peluncuran rudal balistik. Pada pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un di Singapura pun Trump juga sempat menyebut perihal pantai indah itu, yang menjadi tempat peluncuran rudal.

"Mereka (Korea Utara) punya pantai yang indah. Anda sanggup melihatnya ketika mereka meluncurkan meriam ke laut," ujar Trump.


Post a Comment

 
Top