0 Comment
Foto: Shutterstock

Jakarta - Jembatan mempunyai fungsi sebagai penghubung suatu daratan dengan daratan lainnya. Tapi selain itu, bangunan ini juga tak jarang mempunyai nilai keindahan yang bisa dilihat dari sisi arsitektur atau desainnya.

Tidak cukup pada desain konstruksi jembatan, tata lampu juga bisa menciptakan jembatan tersebut mempunyai pemandangan yang menakjubkan ketika malam hari. Seperti beberapa jembatan di potongan dunia berikut ini, yang mempunyai tampilan menakjubkan ketika malam hari, sebagaimana dikutip dari Bridge Master Inc, Sabtu (2/2/2019).

George Washington Bridge

Jembatan ini akan tampak mengagumkan di malam-malam tertentu. Setidaknya tak kurang dari 750 lampu diikat ke interior baja bergaya art deco yang dihubungkan lebih dari 31 mil kabel.

Pesona Jembatan di Dunia Kala Malam TibaFoto: Shutterstock

George Washington Bridge yang terletak di Fort Lee, New Jersey, ini pertama kalinya dinyalakan pada 4 Juli 2000. Para penduduk sekitar pun sudah tahu, ketika jembatan tersebut dinyalakan niscaya sedang ada momen spesial.

Henderson Waves Bridge

Pada dasarnya jembatan ini memang mempunyai bentuk atau desain yang unik, yaitu seolah tampak menyerupai batang kayu besar atau cacing raksasa yang meliuk-liuk.

Pesona Jembatan di Dunia Kala Malam TibaFoto: Shutterstock

Pada malam hari, desain yang unik tersebut akan tampak indah ketika dipadukan dengan cahaya keemasan yang dipancarkan dari sela-sela rusuk jembatan. Dengan tata lampu yang apik, Henderson Waves Bridge benar-benar jembatan yang elegan.

Corpus Christi Harbor Bridge

Corpus Christi Harbor Bridge yakni jembatan lengkung enam jalur yang terletak di Texas. Keunikan jembatan ini yakni pencahayaan lampu yang diatur secara dinamis oleh komputer.

Pesona Jembatan di Dunia Kala Malam TibaFoto: Shutterstock

Namun dikala ini jembatan ini sepertinya sedang direnovasi biar kapal-kapal besar bisa melintas di bawahnya. Rencananya proyek ini akan tamat pada 2021 mendatang.

Bay Lights

Tata lampu jembatan ini secara khusus didesain oleh seniman Leo Villarreal (desainer pemenang proyek London Illuminated River). Ada sekitar 25 ribu lampu LED putih yang dikendalikan komputer menerangi Bay Lights.

Yang menarik dari jembatan yang berada di San Francisco, California, ini yakni contoh cahaya jembatan selalu berubah dan tidak pernah diulang. Artinya contoh yang Anda lihat dikala itu yakni pengalaman sekali seumur hidup.

Pesona Jembatan di Dunia Kala Malam TibaFoto: Shutterstock

Masih banyak lagi jembatan-jembatan indah lainnya yang tersebar di penjuru dunia. Ada I-35W Bridge di Minneapolis, Minnesota, dengan penemuan pencahayaan spektrum yang menawan, Charles Bridge di Prague, Czech Republic yang sarat nilai sejarah, dan jembatan lainnya.

Traveler bisa mengabadikan keindahan jembatan-jembatan tersebut pada malam hari dengan smartphone untuk diunggah ke media sosial. Salah satu smartphone yang mempunyai kemampuan fotografi malam yakni OPPO R17 Pro yang sudah dilengkapi fitur Night Mode.

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top